Kue Sus Isi Vla Vanila dan Whipped Cream

Bahan:

65 gr tepung terigu

1/2 sdt gula

1/4 sdt garam

57 gr butter (unsalted)

120 ml air

2 butir telur ukuran Large/L (atau 3 butir ukuran kecil/S atau medium/M)

 

Glaze (optional):

1 butir telur

 

Taburan/Topping (optional):

Gula tepung/halus (Puder Zucker)

 

Filling Vla Vanila:

400 ml Susu cair
1/3 batang Vanilla (1 sdt essens vanila/ 1 pck Vanila Zucker)
4 butir kuning telur
100 gr gula
2 sdt terigu
2 sdt maizena (terigu dan maizena bisa diganti dgn 4 sdm/ 37 gr/ 1 bungkus custard powder/Vanile Puding Pulver)
100 ml sahne (whipped cream/heavy cream) –> bisa diganti dgn 40 gr mentega
1/ sdm gula

Filling whipped cream:

240 ml heavy cream (sahne)

1 pck Vanile Pulver ( 1 sdt essens vanila)

1 sdm gula

 

Cara Membuat Kue Sus:

  1. Panaskan oven 200 derajat Celcius serta letakkan rak di bagian tengah oven. Siapkan loyang dengan Backpapier/kertas pemanggang.
  2. Di wadah, siapkan tepung terigu
  3. Di atas panci atau wajan anti lengket, panaskan air, butter, gula dan garam sampai air mendidih dan butter leleh (gunakan api sedang).
  4. Angkat dari api, masukkan tepung, dan aduk sampai rata (bisa menggunakan spatula atau sendok kayu), sampai tidak ada gumpalan tepung.
  5. Letakkan kembali panci di atas api kecil, aduk cepat, sampai adonan menjadi smooth dan kalis.
  6. Angkat dari api, bisa dituang di wadah lain, bisa tetap dipanci dan aduk-aduk sebentar sampai suhu adonan hangat (luke warm).
  7. Ketika donan sudah hangat, masukkan 1 telur terlebih dahulu (bisa menggunakan mixer kecepatan sedang, bisa dengan menggunakan spatula). Aduk rata. Jika konsistensinya masih padat, tambahkan kembali 1 butir telur dan aduk rata ( jika menggunakan mixer, turunkan kecepatan menjadi kecepatan rendah, atau bisa diaduk dgn spatula). CEK: Angkat spatula, jika belum terbentuk pasta yg lembut dan kental, bisa menambahkan lagi 1 putih telur dan kembali aduk. kalau konsistensi tetap belum terbentuk pasta lembut dan kental, tambahkan 1 kuning telur dan aduk rata. (total penggunaan telur bisa 2 atau 3 biji, tergantung besar kecilnya telur. Oleh karena itu, telur harus dimasukkan satu per satu untuk mengecek kekentalan adonan)
  8. Siapkan plastik segitiga (plastik pastry) dan spuit ukuran besar. masukkan adonan ke dalam plastik. Semprotkan adonan ke atas loyang yang telah dialasi kertas roti/kertas baking. Gerakkan spuit melingkar dan akhiri dengan menyemprotkan adonan diatas lingkaran.  Beri jarak lebar antar adonan, karena ketika dipanggang akan mengembang besar. Jika tidak ada spuit dan plastik pastry, bisa menggunakan sendok makan. Atau sendok es krim.
  9. Olesi permukaan kue dengan glaze (1 butir telur ) menggunakan kuas halus secara hati-hati dan gerakan lembut. Atau bisa tanpa glaze, tapi menggunakan sedikit air. Basahi jari telunjuk dengan air, dan rapikan tiap adonan dengan jari telunjuk, kemudian semprot dengan air (bisa menggunakan semprotan untuk tanaman indoor), agar adonan tidak terlalu kering.
  10. Masukkan ke oven yang telah dipanaskan denga nsuhu 200 derajat celcius minimal 20 menit sebelumnya) kemudian matikan suhu oven dan panggang dalam keadaan suhu mati selama 10 menit. Kemudian nyalakan kembali oven dengan suhu menjadi 170 derajat Celcius dan lanjutkan memanggang selama 20 menit (atau 30 – 40 menit tergantung panasnya oven) hingga permukaan kue menjadi berwarna coklat keemasan. Matikan oven, dengan pintu oven tertutup biarkan kue hingga mengering sempurna, kira-kira 10-15 menit. Catatan: selama pemanggangan oven tidak boleh dibuka.
  11. Letakkan di rak (gitter) dan biarkan dingin.

 

Cara membuat filling Vla Vanila:

  1. Didihkan susu cair bersama Vanila, dan matikan.
  2. Di wadah lain, kocok tepung terigu, maizena, gula dan kuning telur dengan whisker. (tepung terigu dan maizena bisa diganti dengan tepung custard atau vanile pudding pulver).
  3. Tuang sebagian susu ke adonan telur, dan aduk rata.
  4. Tuang dan saring adonan no 3 ke dalam sisa susu di atas panci, kemudian kembali aduk rata, sampai kental. Sisihkan dan biarkan dingin. (Jika menggunakan mentega, ketika masih panas, masukkan mentega dan aduk rata kemudian dinginakan dan simpan terlebih dahulu di kulkas sebelum digunakan untuk filling)
  5. Di wadah lain, kocok sahne (heavy cream/whipped cream) bersama gula sampai kental.
  6. Masukkan whipped cream ke dalam adonan no 4 yang telah dingin dengan tehnik folding.

 

Cara membuat filling Whipped Cream:

  1. Kocok Sahne dengan gula menggunakan mixer kecepatan tinggi sampai kaku.

 

Cara mengisi kue sus:

  1. Siapkan puffs pastry, belah menjadi dua bagian dengan cara menggunting atau memotong dengan pisau tajam, jangan sampai putus. Sisihkan.
  2. Siapkan plastik segitiga, beri spuit pada bagian ujungnya, masukkan adonan vla ke dalam plastik. Gunting ujung plastik dan dorong hingga ujung spuit keluar dari plastik. Semprotkan vla ke kue yang telah digunting, secukupnya. Tutup dengan bagian kulit lainnya. Lakukan hingga semua kue dan vla habis.
  3. Tata di piring dan taburi permukaannya dengan gula halus menggunakan ayakan kecil, jika suka.

 

Sumber: kombinasi dari

  1. http://www.justtryandtaste.com/2011/07/kue-sus-isi-vla-vanilla.html
  2. http://www.joyofbaking.com/CreamPuffs.html
  3. https://www.youtube.com/watch?v=kYHGO4rvelo
  4. https://www.youtube.com/watch?v=LRupCn7_vNE
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s