Kimchi (ala Tini)

Bahan:
1 buah sawi putih (ukuran standar jerman, jd ga tau brp kilo), belah menjadi 4 bagian (bisa kemudian dipotong sesuai selera atau dibiarkan memanjang), cuci dgn air mengalir.
4 sdm garam.

Cara fermentasi tahap awal:
1. Setelah sawi dicuci dan ditiriskan, taburi dgn garam. Usahakan secara merata. Diamkan minimal 3 jam, bisa semalaman (klo aku selalu didiamkan semalaman)
2. Setelah itu cuci dgn air mengalir beberapa kali dan tiriskan.

Bahan sayurankimchi:
1 buah wortel potong lidi
1 buah bawang daun potong
(Bisa ditambahkan lobak putih yg dipotong lidi juga, bisa sebanyak wortel atau sesuai selera)

Bahan halus:
2 buah bawang putih
1/2 ruas jari jahe
Sedikit bawang bombay (sekitar 1/8 dr bawang bombay ukuran standar jerman)
Bahan bisa diblender, bisa diparut.
1 sdm fish sauce
3 sdm rot pepper kering (gochukarru)
Note: usahakan pakai gochukarru, atau bisa dgn mengeringkan sdr cabe merah besar. Harus kering!!! Jika segar rasa kimchi jadi aneh.

Bahan bubur:
3 sdm tepung beras
2 sdm gula
1 gelas air
Masak bersama sampai mengental, jika terlalu kental seperti bubur di pasar indonesia, tambahkan air sedikit. Konsistensi bubir ini lebih mirip paste, tdk kental dan tidak cair.
Sisihkan, biarkan suhunya hangat kuku

Cara membuat kimchi:
1. Bahan sayuran kimchi ditambahkan bumbu halus dan bubur.  Aduk rata.
2. Tambahkan sawi yg telah dicuci bersih dah telah ditiriskan. Campur rata.
3. Simpan di wadah kaca. Dari pengalaman wadah plastik seperti tupperware akan menyerap bau kimchi.
4. Biarkan suhu ruangan selama 2 hari. Buka tutupnya dan tekan-tekan dgn sendok, agar gas hasil fermentasi hilang.
5. Simpan di dalam kulkas.

Tips:kalau bisa gunakan wadah yg berbahan gelas dan tutup yg metal. Pori-pori gelas lebih rapat, jadi fermentasi lebih cepat. Awalnya saya pakai wadah gelas agar bau tidak menyebar. Tetapi info dari temen anak LT kalau bahan gelas lebih bagus untuk proses fermentasi. (Danke, ma)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s