Kaastengels

350 gram mentega tawar (unsalted butter)
4 kuning telur
300 gram keju edam, parut 

Ayak jadi satu:
450 gram tepung terigu protein rendah
20 gram tepung maizena
10 gram susu bubuk
2 sdt kaldu ayam bubuk 

Bahan Olesan:
1 kuning telur, kocok lepas campur dengan 1 sdm susu cair
100 gram keju cheddar, parut untuk nanti ditaburkan

Cara membuat:

1. Kocok mentega dengan mixer sampai mengembang.

2. Lalu masukkan kuning telur satu per satu sambil si mikser tetap mengocok. Kuning telur dimasukkan satu per satu agar mudah dan cepat menyatu dengan menteganya. Jadi jangan biasakan menumpahkan semua telur sekaligus ke dalam kocokan mentega.

3. Kocok mentega dan kuning telur ini sampai mengembang dan warnanya mulai memucat.

Tipps: Kocokan mentega yang terlalu lama akan membuat kue kering menjadi meleber. Trik amannya adalah dengan membekukan si mentega (simpan saja dalam kulkas, jangan didalam freezernya ya) dan memotong-motong kecil-kecil saat dimasukkan ke mangkuk mikser. Dengan kondisi mentega yang dingin, maka bisa mengurangi nervous  ketika harus mengocok mentega sampai memucat. Kondisi mentega yang dingin bisa meminimalisir resiko keluarnya minyak dari kocokan mentega yang overmix.

4. Sambil menunggu mikser mengocok, ayaklah campuran terigu, susu bubuk dan kaldu bubuknya supaya halus dan tercampur rata.

5. Setelah kocokan mentega memucat, matikan mikser. Masukkan campuran terigu yang sudah diayak ke dalam mentega secara bertahap sambil diaduk dengan sendok kayu atau spatula yang kokoh karena adonannya agak ulet (tidak lunak). Setelah campuran terigu tercampur rata, masukkan keju edamnya lalu diaduk rata juga. Hindari sebisa mungkin mengaduk-aduk langsung dengan tangan ya. Kalau pun mau pakai tangan, pakailah sarung tangan plastik ;)

6.Panaskan oven di suhu 170 C.

Tipps: Walau di resep tertulis suhu oven seperti ini, tetap saja kita semua harus mengenali ovennya. Sebagai contoh, aku menggunakan dua tipe oven saat memanggang kue ini dan masing-masing suhunya berbeda.

7. Adonan Kastengels sudah siap untuk dicetak. Bisa pakai cetakan kastengel.

Tipps: Cara cepat dan gampang yang aku lakukan adalah menggilas adonan lalu memotong-motong dengan penggulung bolu gulung

8. Setelah disusun diloyang, diolesi dengan campuran susu dan telur pakai kuas. Atau pakai kuning telur saja juga gak apa-apa. Taburi keju, lalu panggang sampai matang tergantung oven masing-masing. Kalau aku sekitar 20-30 menit.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s